Senin, 25 November 2013

Pengelolaan Sampah

Sampah adalah barang yang setiap hari diproduksi oleh setiap manusia dan jumlahnya bertambah dari hari-ke hari karena sesuai dengan kebutuhan manusia yang cenderung meningkat. saya akan membahas sampah dan pengelolaan sampah serta dampaknya bagi lingkungan.
 
Pengelolaan sampah merupakan proses yang diperlukan dengan dua tujuan:
1.Mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis.
2.Mengolah sampah agar menjadi material yang tidak membahayakan bagi lingkungan hidup.


Pengelolaan sampah berguna untuk kehidupan manusia dimasa sekarang ataupun masa depan, karena bila tidak ditangani dengan benar akan berdampak buruk untuk masa depan manusia itu sendiri. Cara pengelolaan sampah sebagai berikut:

1. Daur-ulang
2. Pengkomposan
3. Pengurugan sampah
Dari ketiga cara untuk pengelolaan sampah diatas, merupakan cara yang sederhana. Sehingga tidak membutuhkan teknologi yang mutakhir. Sehingga setiap manusia yang dibumi bisa dan dapat melakukan hal yang sangat sederhana tersebut. 


Manfaat yang didapatkan bila setiap dari manusia dapat mengolah sampah rumah tangganya sendiri. sebagai berikut:

1. Penghematan sumber daya alam
2. Penghematan energi
3. Penghematan lahan TPA
4. Lingkungan asri (bersih, sehat, nyaman)


Bila manusia sendiri yang lalai untuk mengelola sampah itu sendiri, akibatnya berdamapak buruk bagi diri sendiri maupun lingkungan.

1. Longsor tumpukan sampah
2. Sumber penyakit berbagai macam penyakit.
3. Pencemaran lingkungan.

Oleh karena itu mari kita bersama untuk menyelamatkan bumi kita dari hal yang kecil untuk kelestarian lingkungan. Jangan kita biarkan bumi kita rusak karena sikap acuh-tak acuh dan egoisme sikapnya manusia itu sendiri. Kelastarian lingkungan dan Keselamatan bumi kita di tangan kita sendiri.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;