Selasa, 05 April 2016

Perangkat (Media) Pembuatan Multimedia

 Perangkat (Media) Pembuatan Multimedia


Hardware
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut jug
dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebua
komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yan
berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung prose
komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang tela
ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instructio
set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebu
maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang tela
ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupaka
suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sam
membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, aka
mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan bai
Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat kera
(hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. Input Divice (Unit Masukan)
2. Process device (Unit Pemrosesan)
3. Output device (Unit Keluaran)
4. Backing Storage ( Unit Penyimpanan)
5. Periferal ( Unit Tambahan)

Perangkat-perangkat yang mendukung terciptanya multimedia berserta
kegunaannya :
  • Perangkat konektor

Diantara beberapa perangkat komputer, monitor, hardisk, video proyektor,
speaker dan perangkat-perangkat lain, terdapat terdapat kabel-kabel yang
menghubungkan. Kecepatan transfer data perangkat konektor yang
digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman content multimedia.
Beberapa perangkat konektor yang biasa digunakan adalah :
  1. Small computer system interface (SCSI)
  2. Media control interface (MCI
  3. Intergrated drive electronic (IDE)
  4. Universal serial bus (USB)
  5. High-definition multimedia interface (HDMI)

  • Perangkat input

Perangkat input adalah perangkat yang  berfungsi untuk mentransformasi
informasi dari dunia luar untuk diolah oleh komputer. Perangkat input
biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna. Beberapa
perangkat input tersebut antara lain :
  1. Keyboard
  2. Perangkat pointing
  3. Perangkat input gambar
  4. Perangkat input audio

  • Perangkat output

Perangkat output adalah perangkat yang digunakan untuk
mengkomunikasikan hasil pengolahan data dari komputer kepada
pengguna.  Perangkat output antara lain :
  1. Speaker
  2. Amplifier
  3. Monitor
  4. Proyektor
  5. Printer

  • Perangkat penyimpanan

Perangkat penyimpan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan
informasi (data). Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan
maupun memproses data.  Beberapa perangkat penyimpan tersebut
antara lain :
  1. RAM
  2. ROM
  3. Hardisk
  4. CD
  5. DVD

  • Perangkat komunikasi

Aplikasi multimedia dibuat  oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa
orang, yang bisa jadi bekerja dalam satu gedung, namun dapat pula
bekerja pada gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya. Sehingga
dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka.
Perangkat komunikasi tersebut antara lain :
  1. Modem
  2. Handphone


Perkembangan Perangkat Multimedia
Dulu Multimedia hanya mencakup pada suara dan text saja tapi sekarang
multimedia telah berkembang dengan adanya televisi dan koputer melalui dua
media tersebut kita dapa menikmati multimedia secara langsung dan menarik
minat banyak orang, dan bahkan multimedia semakin berkembang seperti
sekarang ini dengan adanya internet yang dimana kita dapat berhubungan dengan
sanak famili kita yang ada tempat yang jauh. Morgan Stanley menyebutkan bahw
untuk mencapai 50 juta penduduk Amerika radio membutuhkan waktu 38 tahun,
televisi membutuhkan 13 tahun, TV kabel membutuhkan waktu 10 tahun dan
internet membutuhkan waktu 5 tahun. Perkembangan multimedia mengikuti
perkembangan internet, maka multimedia merupakan pasar yang pertumbuhanny
tercepat di dunia saat ini.

Software
Software (Perangkat Lunak) : Kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatu
oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program
yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak bisa dipegan
Contoh dari software yakni :
Sistem Operasi : Software yang memang ada untuk jalur penghubung antara
pengguna dengan hardware. Contohnya seperti : Windows, Linux dan Mac OS.
Software Aplikasi : Software yang berguna untuk diaplikasikan untuk memenuhi
kebutuhan dan kepentingan pengguna. Contohnya seperti : Microsoft Office,
Libre Office dan sebagainya.

Macam-macam Perangkat lunak Multimedia yaitu :
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam  data
processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya
sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga
bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak sistem
multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.

1.  Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang
digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya
Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.



2. Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak ini terdiri dari  sistem operasi (Operating  System)
misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows
NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS.
Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya
aplikasi Antivirus.



3. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang
dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam
bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan
animasi.

Khusus Untuk membuat Presentasi Yang Menarik
a)  Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft
Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer,
sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source
misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word. 



b)  Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
-  Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand
dan Adobe Illustrator.
-  Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint
Shop Pro, Gimp. Animasi, misalnya Macromedia Flash.



c)  Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D
adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan
lain sebagainya.



d)  Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan
peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat
lunak dengan  dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa
harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa
pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi
authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia
Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring
berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring berbasis
waktu.



Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja
berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen
dalam halaman atau buku tersebut. Contoh dari aplikasi ini adalah
HyperCard dan ToolBook Assistant.

Authoring berbasis icon menggunakan konsep flowchart
untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang dihubungkan
bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan
diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan, contohnya
adalah Microsoft Power Point dan Macromedia Authorware.

Authoring berbasis waktu merupakan pengembangan paket
multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini waktu.
Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan
kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara
ini adalah Macromedia Director.
Authoring DVD adalah  aplikasi yang digunakan untuk
menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle
Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.

e)  Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia
Flash yang digunakan untuk  membuat animasi grafis pada web,
Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page


0 komentar:

Posting Komentar

 
;