Rabu, 17 Juni 2015

Kasus Elektro : Flowchart Parking Sensor

Bagan alir (flowchart) adalah bagan (chart) yang menunjukan hasil (flow) didalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi
   Flowcart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelsaian suatu masalah. Flowcart merupakan cara penyajian dari suatu algoritma
      Dalam definisi singkat tersebut menggambarkan bahwa flowchart merupakan suatu langkah awal untuk mempermudah dalam suatu pemecahan masalah ataupun analisa suatu masalah. Flowchart sangat umum digunakan untuk semua kalangan terutama bagi para analis. flowchart juga dapat digunkan untuk menjelaskan suatu langkah – langkah atau proses, misalkan dalam kasus elektro tentang rangkaian “Automatic Parking Sensor”.

Dalam penulisan kali ini, penulis akan menjelaskan contoh flowchart tentang kasus elektro yaitu mengenai rangkaian Automatic Parking Sensor. Rangkaian ini bekerja berdasarkan bagaimana keadaan sensor terhadap penangkapan suatu cahaya. Berikut bagan alur flowchartnya :
Dari bagan flowchart diatas merupakan suatu kejadian ketika rangkaian bekerja, rangkaian aktif saat menerima tegangan sumber. Photodioda dipasangkan sejajar dengan infrared yang menyala.

Saat photodioda tidak menerima cahaya dari infrared atau saat cahayanya terhalang, sensor akan bekerja dan mengaktifkan mikrokontroler. Pada saat itu mikrokontroler akan menjalankan program perintah – perintah yang sudah terdapat didalamnya. perintah tersebut kemudian digerakan ke perangkat output sehingga motor bergerak dan membuka palang pintu. Ketika cahaya yang diterima photodioda tidak dihalangi maka motor akan bekerja dan palang pintu akan tertutup jika keadaan awal saat palang pintu tertutup maka tidak melakukan apa apa.Implementasi pada rangkaian tersebut digunakan pada pintu otomatis gedung.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;