Sabtu, 19 Oktober 2013

Keanekaragaman Hayati Kalimantan Tengah

video
Pulau kalimantan adalah salah satu pulau yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Dalam video ini pembuat menyampaikan pesan yang untuk melestarikan kelestarian sebuah wilayah konservasi alam. saya sebagai penulis hanya menambahkan sedikit konten dan wejangan untuk pembaca. Hutan rawa Gambut terletak di Kalimantan Tengah kota Waringin Barat dan Sukamara dalam Suaka Marga Satwa Lamandau. Daerah yang menjadi salah satu daerah konservasi terbesar di Indonesia. Beraneka macam binatang ataupun hewan yang hidup dan tinggal Suaka Marga Satwa Lamandau.

Pengamatan yang lebih dekat pada hutan dan seisinya yang menajubkan melalui video ini, mengungkapan dunia rahasia tanaman, hewan, dan serangga semuanya berperan dalam keseimbangan terpadu pada ekosistem dalam keseimbangan yang ada selama ribuan tahun yang ada di Indonesia. Dalam wilayah konservasi ini terdapat banyak hewan yang terancam kepunahannya seperti Orang Hutan, Beruang Madu, Bekantan, Monyet Buntut merah dan owa-owa yang masih terjaga kelestariannya dalam oleh BKSDA kalimantan. Bahaya yang terbesar bisa datang dari luar dan dalam yang mengancam Suaka Marga Satwa Lamandau adalah kebakaran hutan akibat kekeringan,potong dan bakar tak terkontrol yang merajalela dan. Suaka Marga Satwa adalah lambang konservasi tempat perlindungan bagi salah satu warisan alamiah terbesar di negeri ini. Untuk menjaga kelestarian Suaka Marga Satwa Lamandau dibutukan kerja sama oleh semua kalangan baik pemerintah, masyarakat ataupun magala atmi pangkalan yang secara khusus dibentuk untuk menjaga Suaka Marga Satwa Lamandau.

Hutan adalah bagian terpenting sebagai paru-paru oksigen untuk kehidupan di Bumi. Jika hutan mulai mengalami kegundulan maka akibatnya akan bisa berbahaya bagi kehidupan di Bumi ini. Maka dari itu sebagai pembaca mulailah dari hal yang kecil langkah untuk menyelamatkan Bumi ini. Jika bukan kita siapa lagi yang mencegah, jika kalau bukan sekarang kapan lagi dilakukan. Semua itu akan bermanfaat dalam jangka yang panjang maupun pendek untuk kehidupan makhluk hidup yang hidup di Bumi ini.


Sumber :

https://www.youtube.com/watch?v=JO_WHcSigDA&list=PLqcy_upeWH66UJWt5qpHpKBZwXd2zmHvO

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;