Hardware
Pengertian dari
hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut jug
dengan nama
“perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebua
komputer yang
sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yan
berbentuk nyata,
yang berfungsi untuk mendukung prose
komputerisasi. Hardware dapat
bekerja berdasarkan perintah yang tela
ditentukan ada
padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instructio
set. Dengan adanya
perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebu
maka hardware
tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang tela
ditentukan oleh
pemberi perintah.
Secara fisik,
Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupaka
suatu sistem.
Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sam
membentuk suatu
kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, aka
mengakibatkan
tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan bai
Komponen komputer
ini termasuk dalam kategori elemen perangkat kera
(hardware).
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. Input Divice
(Unit Masukan)
2. Process device
(Unit Pemrosesan)
3. Output device (Unit Keluaran)
4. Backing Storage
( Unit Penyimpanan)
5. Periferal ( Unit Tambahan)
Perangkat-perangkat
yang mendukung terciptanya multimedia berserta
kegunaannya
:
- Perangkat konektor
Diantara beberapa
perangkat komputer, monitor, hardisk, video proyektor,
speaker dan
perangkat-perangkat lain, terdapat terdapat kabel-kabel yang
menghubungkan.
Kecepatan transfer data perangkat konektor yang
digunakan akan
menentukan kecepatan pengiriman content multimedia.
Beberapa perangkat
konektor yang biasa digunakan adalah :
- Small computer system interface (SCSI)
- Media control interface (MCI
- Intergrated drive electronic (IDE)
- Universal serial bus (USB)
- High-definition multimedia interface (HDMI)
- Perangkat input
Perangkat input
adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransformasi
informasi dari
dunia luar untuk diolah oleh komputer. Perangkat input
biasanya
dikendalikan secara langsung oleh pengguna. Beberapa
perangkat input
tersebut antara lain :
- Keyboard
- Perangkat pointing
- Perangkat input gambar
- Perangkat input audio
- Perangkat output
Perangkat output
adalah perangkat yang digunakan untuk
mengkomunikasikan
hasil pengolahan data dari komputer kepada
pengguna.
Perangkat output antara lain :
- Speaker
- Amplifier
- Monitor
- Proyektor
- Printer
- Perangkat penyimpanan
Perangkat penyimpan
adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan
informasi (data).
Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan
maupun memproses
data. Beberapa perangkat penyimpan tersebut
antara lain :
- RAM
- ROM
- Hardisk
- CD
- DVD
- Perangkat komunikasi
Aplikasi
multimedia dibuat oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa
orang, yang bisa
jadi bekerja dalam satu gedung, namun dapat pula
bekerja pada
gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya. Sehingga
dibutuhkan
perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka.
Perangkat
komunikasi tersebut antara lain :
- Modem
- Handphone
Perkembangan Perangkat Multimedia
Dulu Multimedia
hanya mencakup pada suara dan text saja tapi sekarang
multimedia telah
berkembang dengan adanya televisi dan koputer melalui dua
media tersebut
kita dapa menikmati multimedia secara langsung dan menarik
minat banyak
orang, dan bahkan multimedia semakin berkembang seperti
sekarang ini
dengan adanya internet yang dimana kita dapat berhubungan dengan
sanak famili kita
yang ada tempat yang jauh. Morgan Stanley menyebutkan bahw
untuk mencapai 50
juta penduduk Amerika radio membutuhkan waktu 38 tahun,
televisi
membutuhkan 13 tahun, TV kabel membutuhkan waktu 10 tahun dan
internet
membutuhkan waktu 5 tahun. Perkembangan multimedia mengikuti
perkembangan
internet, maka multimedia merupakan pasar yang pertumbuhanny
tercepat di dunia
saat ini.
Software
Software
(Perangkat Lunak) : Kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatu
oleh komputer,
data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program
yang berguna untuk
menjalankan suatu perintah. Software ini tidak bisa dipegan
Contoh dari
software yakni :
Sistem Operasi :
Software yang memang ada untuk jalur penghubung antara
pengguna dengan
hardware. Contohnya seperti : Windows, Linux dan Mac OS.
Software Aplikasi
: Software yang berguna untuk diaplikasikan untuk memenuhi
kebutuhan dan
kepentingan pengguna. Contohnya seperti : Microsoft Office,
Libre Office dan
sebagainya.
Macam-macam Perangkat lunak Multimedia
yaitu :
Perangkat lunak
multimedia adalah komponen-komponen dalam data
processing system,
berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya
sistem komputer
multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga
bagian yaitu
bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak sistem
multimedia dan
perangkat lunak aplikasi multimedia.
1. Bahasa
Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman
Multimedia adalah bahasa-bahasa yang
digunakan
programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya
Assembly, C, C++,
Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
2. Perangkat Lunak
Sistem (System Software)
Perangkat lunak
ini terdiri dari sistem operasi (Operating System)
misalnya DOS (Disc
Operating System), Windows 95/98/ME, Windows
NT/2000, Windows
XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS.
Perangkat lunak
lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya
aplikasi
Antivirus.
3. Perangkat Lunak
Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak
aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang
dibuat oleh
personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam
bidang-bidang
multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan
animasi.
Khusus Untuk membuat Presentasi Yang
Menarik
a) Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah
teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft
Word, Word Star
for Windows, Word Perfect dan Star Writer,
sedangkan beberapa
aplikasi pengolah teks yang bersifat open source
misalnya Open
Writer, KWriter dan Abi Word.
b) Perangkat
Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah
grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
- Grafik 2D
Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand
dan Adobe
Illustrator.
- Grafik 2D
Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint
Shop Pro, Gimp.
Animasi, misalnya Macromedia Flash.
c) Perangkat
Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari
perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D
adalah 3D Studio
MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan
lain sebagainya.
d) Perangkat
Lunak Authoring Multimedia
Authoring
merupakan aplikasi komputer yang memberikan
peluang kepada
pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat
lunak dengan
dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa
harus mengetahui
penggunaan dan pemahaman bahasa
pemrograman,
misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi
authoring yang
dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia
Director dengan
dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Jenis perangkat
ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring
berbasis halaman,
authoring berbasis icon dan authoring berbasis
waktu.
Authoring berbasis
halaman merupakan authoring yang bekerja
berbasis halaman
atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen
dalam halaman atau
buku tersebut. Contoh dari aplikasi ini adalah
HyperCard dan
ToolBook Assistant.
Authoring berbasis
icon menggunakan konsep flowchart
untuk membuat
aliran elemen-elemen multimedia yang dihubungkan
bersama atau
secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan
diagram alir
aktivitas sepanjang jalur percabangan, contohnya
adalah Microsoft
Power Point dan Macromedia Authorware.
Authoring berbasis
waktu merupakan pengembangan paket
multimedia sebagai
pengorganisasian objek sepanjang lini waktu.
Frame yang
diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan
kembali kepada
pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara
ini adalah
Macromedia Director.
Authoring DVD
adalah aplikasi yang digunakan untuk
menampilkan menu
interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle
Impression, Sonic
ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.
e) Perangkat
Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh
produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia
Flash yang
digunakan untuk membuat animasi grafis pada web,
Macromedia
Dreamweaver dan Microsoft Front Page
0 komentar:
Posting Komentar